Salam ilmu bagi para pembaca setia...
Tidak kalah dengan smartphone sekarang juga pada dunia otomotif para brand berlomba menciptkan produk yang begitu wah untuk menarik minat konsumen salah satunya yaitu pada kendaraan roda dua. Disini kami membahas dua kendaraan yang katanya mirip tetapi dengan fitur berbeda dan brand yang berbeda yaitu Yamaha juga punya Aerox untuk melawan Honda PCX. Desainnya memang sedikit berbeda, Aerox lebih mengarah ke sporty. Namun secara mesin dan segmen masih sama. Jika ingin melihat perbedaannya berikut rincian spesifikasi dari kedua motor tersebut.
Tidak kalah dengan smartphone sekarang juga pada dunia otomotif para brand berlomba menciptkan produk yang begitu wah untuk menarik minat konsumen salah satunya yaitu pada kendaraan roda dua. Disini kami membahas dua kendaraan yang katanya mirip tetapi dengan fitur berbeda dan brand yang berbeda yaitu Yamaha juga punya Aerox untuk melawan Honda PCX. Desainnya memang sedikit berbeda, Aerox lebih mengarah ke sporty. Namun secara mesin dan segmen masih sama. Jika ingin melihat perbedaannya berikut rincian spesifikasi dari kedua motor tersebut.
Tipe Mesin
|
4 tak, SOHC, 2 klep berpendingin cairan
|
4 tak, SOHC, 4 klep berpendingin cairan, VVA
|
Kapasitas Mesin
|
149,3 cc
|
155 cc
|
Bore x Stroke
|
57,3 mm x 57,9 mm
|
58,0 mm x 58.7 mm
|
Power Maks
|
14,7 Ps (10,8 Kw) pada 8500 Rpm
|
11.0 kW pada 8000 rpm
|
Torsi Maks
|
13,2 Nm pada 6500 Rpm
|
13,8 Nm pada 6250 rpm
|
Rasio Kompresi
|
10.6:1
|
10.5:1
|
Pengabut Bahan Bakar
|
PGM-FI
|
Fuel Injection
|
Starter
|
Hanya Elektrik
|
Elektrik
|
Pengapian
|
Full Transisterized
|
TCI
|
Transmisi
|
Automatic, v-belt
|
V-belt, Automatic
|
Kopling
|
Automatic tipe kering, Sentrifugal
|
Kering, Centrifugal Automatic
|
Tipe Rangka
|
Double Cradle
|
Underbone
|
P x L x T
|
1.923 mm x 745 mm x 1.107 mm
|
1990mm x 700mm X 1125mm
|
Ground Clearance
|
137 mm
|
142 mm
|
Tinggi Jok
|
765 mm
|
790 mm
|
Jarak sumbu
|
1.313 mm
|
1.350 mm
|
Kapasitas Tanki
|
8 liter
|
4,6 Liter
|
Berat
|
132 (ABS), 131 standar
|
116 Kg standar
|
Ukuran Ban Depan
|
100/80 – 14
|
110/80 – 13
|
Ukuran Ban belakang
|
120/70 – 14
|
140/70 – 13
|
Suspensi depan
|
Teleskopik
|
Teleskopik
|
Suspensi Belakang
|
Twin
|
Dual Shock dengan Sub Tank(versi R)
|
Rem depan
|
Discbrake, (CBS tipe Tripls pots Hydraulic), dan Antilock Braking System
|
Cakram
|
Rem Belakang
|
Disc Brake
|
Teromol
|
Batrei
|
Tipe MF 12V – 5 Ah
|
YTZ7V
|
Busi
|
NGK MR8K-9
|
NGK / CPR8EA – 9
|
Lampu depan/Belakang
|
LED/LED
|
LED/LED
|
Demikian sedikit ulasan tentang kedua kendaraan, kesimpulannya yaitu setiap kendaraan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri sekarang kita sebagai konsumen yang bijak dalam memilih kendaraan tersebut, kita harus menyesuaikan dengan keseharian kita dan yang terpenting dengan keuangan yang kita miliki.
Semoga informasi yang diberikan ini bermanfaat bagi yang membaca..Jangan
lupa informasi ini dibagikan ke orang lain jika bermanfaat.